wdcfawqafwef

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Cara Paling Mudah Registrasi Kartu Prabayar Indosat Telkomsel XL Tri Smartfren Via Online

Cara Paling Mudah Registrasi Kartu Prabayar Indosat Telkomsel XL Tri Smartfren Via Online
Registrasi Kartu Prabayar

Pemerintah baru saja menerbitkan kebijakan bagi pelanggan operator telekomunikasi di seluruh Indonesia khususnya pengguna kartu prabayar wajib registrasi ulang dengan mendaftarkan nomor induk kependudukan atau nomor KTP serta nomor kartu keluarga.

Kebijakan serupa juga pernah diterapkan Kalau tidak salah tahun 2006 yang lalu dan sekarang diperbaharui wajib mendaftarkan KTP dan nomor KK tanpa perlu menyertakan nama ibu kandung. Hal ini karena jika sampai nomor telepon beserta identitas diri dan nama ibu kandung bocor ke tangan orang lain maka besar kemungkinan bisa disalahgunakan mengakses akun perbankan pelanggan operator.

Pemerintah juga telah menyebar secara luas cara daftar ulang atau registrasi kartu prabayar baik untuk pelanggan Indosat ooredoo pengguna kartu IM3 maupun pelanggan XL Axiata dan pengguna kartu Simpati juga kartu As dan Simpati Loop dari Telkomsel dan Tri termasuk pelanggan Smartfren. Registrasi ulang bisa melalui pesan SMS ke nomor 4444.

Namun demikian masing-masing operator telekomunikasi di atas juga menyediakan metode yang lebih praktis untuk registrasi ulang kartu prabayar yaitu melalui website resmi via jalur online. Skemanya masih tetap sama dimana kita perlu memasukkan nomor telepon kemudian akan mendapatkan SMS verifikasi yang wajib di masukkan pada website lalu lanjut masukkan nomor KTP dan nomor kartu KK.

Registrasi TElkomsel
Registrasi Telkomsel

Berikut ini daftar masing-masing halaman website dari operator telekomunikasi untuk registrasi ulang kartu prabayar:

Telkomsel

XL

Tri

Smartfren

Pemberhentian melalui Kementerian telekomunikasi dan informasi memberikan batas waktu hingga bulan Februari 2018 bagi pelanggan prabayar untuk segera registrasi ulang mendaftarkan nomor KTP serta nomor kartu KK. Apabila sampai batas waktu tersebut belum juga mendaftarkan maka akan diberikan peringatan dan diberi kesempatan hingga 15 hari. Jika pelanggan tetap membandel maka akan diberi sanksi pemblokiran tidak bisa melakukan panggilan keluar.

Registrasi ulang dengan menyertakan nomor KTP serta nomor kartu keluarga seperti ini memang memiliki tujuan positif dalam upaya mengurangi penyalahgunaan nomor kartu seluler seperti yang selama ini sering masuk berita kriminal salah satu contohnya adalah kasus "Mama minta pulsa" berhasil menipu masyarakat mengakibatkan kerugian dalam jumlah besar. Kedepannya dengan tertatanya nomor kartu SIM baik dari operator Indosat, XL Axiata, Telkomsel, Tri, maupun Smartfren secara langsung diharapkan menekan tindakan cyber crime.

Lalu bagaimana dengan pelanggan pascabayar?

Saat mendaftar menjadi pelanggan pascabayar di operator telekomunikasi pelanggan sebelumnya setelah diminta menyerahkan kartu identitas diri untuk didaftarkan sehingga tidak perlu lagi melakukan registrasi ulang.

Sekedar informasi tambahan registrasi ulang kartu prabayar ini tidak hanya berlaku bagi pelanggan yang menggunakan nomor telepon tersebut pada perangkat telepon tetapi juga pada device lainnya seperti modem dan router WiFi yang kesehariannya lebih diperuntukkan untuk koneksi sambungan internet. Nomor telepon tersebut tetap harus registrasi ulang bisa memilah terlebih dahulu ke perangkat ponsel untuk Kirim SMS ke 4444 jauh menggunakan cara diatas yaitu registrasi ulang kartu prabayar secara online.

Sebelumnya pemerintah memberikan kebijakan dimana satu nomor kartu penduduk bisa memiliki maksimal 3 nomor telepon untuk masing-masing operator namun kelihatannya kebijakan ini sedikit dikendorkan karena adanya protes dari marketing penjualan kartu perdana. Untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data bagi pelanggan yang telah terdaftar bisa melakukan pengecekan nomor KTP terdaftar di nomor mana saja hal ini mencegah adanya pencurian dasar yang kemudian disalahgunakan.

Jadi seperti itulah cara paling mudah registrasi kartu pasca bayar untuk pelanggan Indosat, XL Axiata, Telkomsel, Tri, dan juga Smartfren.

0 Response to "Cara Paling Mudah Registrasi Kartu Prabayar Indosat Telkomsel XL Tri Smartfren Via Online"

Posting Komentar